1. Kinerja Perawat
Kinerja keperawatan atau praktik keperawatan menggambarkan
aktivitas yang diberikan kepada klien melalui pelaksanaan asuhan
keperawatan untuk mencapai tujuan layanan kesehatan sesuai dengan
tugas dan wewenang perawat dengan memenuhi ketentuan kode etik,
standar profesi, hak pengguna pelayanan kesehatan, standar pelayanan,
dan standar prosedur operational (UU No. 36 tahun 2009). Kinerja
dalam keperawatan merupakan hasil karya dari perawat dalam bentuk
tindakan atau praktek yang mudah diamati atau dinilai. Kinerja
keperawatan mencerminkan kemampuan perawat untuk
mengimplementasikan proses asuhan keperawatan (Ilyas, 2002).
Kinerja keperawatan didasarkan atas pedoman dan standar yang
menjadi acuan dalam pelayanan keperawatan. Kinerja keperawatan
diukur berdasarkan hasil pencapaian pelaksanaan standar kinerja
dalam pelayanan keperawatan. Persatuan Perawat Nasional Indonesia
(PPNI) pada tahun 2010 telah mensahkan standar profesi keperawatan
sebagaimana tercantum dalam pasal 24 ayat (2) UU No 36 tahun 2009 13
yang terdiri dari standar kompetensi dan standar praktik keperawatan.
Standar praktik merupakan komitmen perawat dalam melindungi
masyarakat terhadap praktik yang dilakukan oleh anggota profesi.
Standar praktik keperawatan meliputi standar asuhan dan standar
kinerja profesional yang dipakai sebagai evaluasi dalam menilai
asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat meliputi (1) standar
I jaminan mutu, (2) standar II pendidikan, (3) standar III penilaian
kinerja, (4) standar IV kesejawatan, (5) standar V etik, (6) standar VI
kolaborasi, (7) standar VII riset dan (8) standar XIII pemanfaatan
sumber. Standar praktik profesional meliputi (1) standar pengkajian,
(2) standar II Diagnosa Keperawatan, (30 standar III Perencanaan, (4)
standar IV Pelaksanaan tindakan (Implementasi), (5) standar V
Evaluasi.
Laman
- Selamat Datang
- Pengertian Komunikasi
- Prinsip-Prinsip Brencmarking
- Pengertian Kualitas Layanan
- Evaluasi Penampilan Kinerja perawat
- Fungsi dan Proses Komunikasi
- Pengerian Kinerja Perawat
- Ronde Keperawatan dan Timbang Terima
- Role Play Discharge Planning dan Sentralisasi Obat
- Macam-Macam Kualitas Layanan (TQM dan Brencmarking)
- Standar Operasional Prosedur Asuhan Keperawatan
- . Pengertian Audit Keperawatan
- Konsep pengambilan keputusan Manajemen Konflik
- Delegasi
- Supervisi Manajemen Keperawatan
- Konsep manajemen konflik
- Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi
- Penyusunan Proposal dan Skenario
- Pengelolaan Audit Keperawatan
- Foto2Q Narsis
- VIDIO2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar